THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 05 Februari 2011

Perangkat Wi-Fi

Perangkat Wi-Fi
Seperti halnya pemasangan jaringan kabel biasa, Wi-Fi juga memiliki perangkat khusus. Terdapat berbagai macam kategori perangkat seperti Access Point ataupun Router. Tiap perangkat mobile juga memiliki card Wi-Fi atau adapter yang berbeda sesuai kebutuhannya. Berikut perangkat Wi-Fi yang biasa digunakan :
1. Access Point
Merupakan pusat dari client atau node yang terhubung ke jaringan dengan menggunakan gelombang radio atau wireles. Untuk memiliki jaringan Wi-Fi, terlebih dahulu harus terpasang Access Point sebagai pusat akses jaringan tersebut.
Ada juga sebuah perangkat Access Point yang sudah termasuk ethernet hub di dalamnya, sehingga kita hanya membutuhkan 1 perangkat tersebut untuk menghubungkan koneksi internet ke beberapa client lain secara wireless.
Perangkat ini disebut Wireless Access Point Router
2. Wireless Adapter untuk Desktop bisa menggunakan beberapa perangkat. Perangkat ini yang digunakan untuk 'berkomunikasi' secara wireless, dengan Access Point.
- Wi-fi PCI Adapter
Dipasangkan pada Slot PCI pada motherboard, di dalam CPU. Perangkat ini adalah wi-fi internal adapter.
- Wi-fi USB Adapter
Merupakan External Adapter yang dihubungkan langsung melalui port USB.
- PCMCIA dan ISA Card
Jika kita sudah memiliki wi-fi PCMCIA dan tidak ingin membeli perangkat baru untuk Wi-Fi, dapat menggunakan ISA / PCI PCMCIA Converter.
3. Wireless Adapter untuk Laptop / Notebook bisa menggunakan antara lain
- Wi-Fi PCMCIA
Merupakan yang paling umum digunakan pada Notebook yang belum memiliki wi-fi built in, karena praktis dan sesuai untuk Notebook.
- Wi-Fi USB Adapter juga dapat digunakan untuk Laptop, namun mengingat bentuknya yang agak besar untuk ukuran Laptop, sangat tidak praktis menggunakan USB external adapter ini untuk Laptop.
4. Wi-Fi untuk PDA biasanya tergantung slot yang disediakan pada PDA tersebut. Ada 2 macam card yang biasa digunakan oleh PDA :
- Wi-Fi Compact Flash
- Wi-Fi SD Card

0 komentar: